Thursday, December 8, 2016

J.E.M.P.O.L


Era modern telah datang dimana globalisasi menjadi isu yang terus diperbincangkan di kalangan masyarakat. Globalisasi bukan hanya mampu mempengaruhi keadaan alam, ekonomi serta politik tapi juga mampu mempengaruhi keadaan sosial dan mempengaruhi karakteristik individu. Dampak negatif dari mempengaruhi karakteristik individu adalah mengikisnya karakteristik baik yang diperlukan individu untuk bermasyarakat. Karakteristik yang mulai terkikis yaitu karakteristik manusia jempol yang merupakan singkatan dari jujur, empati, mandiri, peduli, optimis dan luwes.


Jujur
Jujur merupakan suatu kata yang sederhana, dan memiliki arti yang sederhana pula, yaitu “ mengakui, berkata atau memberikan suatu pernyataan/informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran”. Kejujuran juga harus dilakukan atau di praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Jujur merupakan sikap yang ada pada diri manusia. Akan tetapi kebanyakan manusia sulit menerapkan sikap jujur pada dirinya, serta saat ini jarang sekali orang yang benar-benar jujur. Sikap jujur harus ditanamkan pada diri sendiri, dan harus mulai diterapkan pada usia dini.
Menerapkan sikap jujur pada anak di usia dini sangatlah penting, karena dengan menerapkan kejujuran pada anak, akan membiasakan anak untuk berkata dan bersikap jujur. Sikap jujur atau amanah merupakan salah satu sikap yang ada dan dimiliki nabi Muhammad SAW, nabi sendiri menerapkan kejujuran sejak beliau masih kecil. Bahkan pada saat nabi berdagang, beliau lebih mementingkan kejujuran di bandingkan dengan keuntungan. Bahkan dengan kejujuran nabi selalu mendapatkan keberkahan dan keuntungan yang tak terhingga. Karena dengan kejujuran pasti akan membuahkan hasil yang baik. Maka dari itu nabi selalu mencontohkan dan mengajarkan pada umatnya agar bersikap jujur dalam segala hal, baik dalam perkataan atau pun perbuatan.
Dalam islam sikap jujur sangat di anjurkan serta di utamakan. Karena kejujuran merupakan tolak ukur umat yang bertaqwa. Memiliki sikap jujur sangatlah penting, karena dengan kejujuran akan banyak hikmah yang bisa didapat. Ada beberapa contoh hikmah dari kejujuran salah satunya, apabila dalam pekerjaan kita selalu mengutamakan kejujuran, maka orang akan mempercayai dan menghargai kita. jika kita ingin dipercaya ataupun dihormati, baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, berdagang, serta dalam berpolitik, kita harus mengutamakan yang namanya kejujuran.


Empati
Sebagai makhluk sosial manusia tak bisa lepas dari orang lain. Setiap manusia pasti selalu membutuhkan bantuan orang lain, tak peduli seberapa kaya dia, maupun setinggi apa jabatan yang dimilikinya. Untuk itu rasa empati sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Empati merupakan sebuah sikap ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain, baik itu senang maupun susah, baik pada individu maupun kelompok.
Namun pada zaman modern sekarang ini, rasa empati seolah tergerus oleh perkembangan zaman yang semakin maju, terlebih pada masyarakat perkotaan. Rasa empati seolah hilang tenggelam oleh rasa individualisme yang tinggi. Padahal rasa empati sangat dibutuhkan oleh semua manusia karena hakikatnya setiap manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.


Mandiri
Pengertian mandiri berarti mampu bertindak sesuai keadaan tanpa meminta atau tergantung pada orang lain. Mandiri adalah dimana seseorang mau dan mampu mewujudkan kehendak/keinginan dirinya yang terlihat dalam tindakan/perbuatan nyata guna menghasilkan sesuatu (barang/jasa) demi pemenuhan kebutuhan hidupnya dan sesamanya (Antonius,2002:145).
Menurut Masrun (1986:8) kemandirian adalah suatu sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain, maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan dari usahanya.
Kemandirian secara psikologis dan mentalis yaitu keadaan seseorang yang dalam kehidupannya mampu memutuskan dan mengerjakan sesuatu tanpa bantuan dari orang lain. Kemampuan demikian hanya mungkin dimiliki jika seseorang berkemampuan memikirkan dengan seksama tentang sesuatu yang dikerjakannya atau diputuskannya, baik dalam segi-segi manfaat atau keuntungannya, maupun segi-segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya (Hasan Basri,2000:53). Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang agar berhasil sesuai keinginan dirinya maka diperlukan adanya kemandirian yang kuat.
Dari beberapa pendapat para ahli diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kemandirian merupakan sikap yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas dorongan sendiri dan kemampuan mengatur diri sendiri, sesuai dengan hak dan kewajibannya sehingga dapat menyelesaikan sendiri masalah-masalah yang dihadapi tanpa meminta bantuan atau tergantung dari orang lain dan dapat bertanggung jawab terhadap segala keputusan yang telah diambil melalui berbagai pertimbangan sebelumnya.
Kemandirian mempunyai ciri-ciri yang beragam, banyak dari para ahli yang berpendapat mengenai ciri-ciri kemandirian. Menurut Gilmore dalam Chabib Thoha (1993:123) merumuskan ciri kemandirian itu meliputi:
  • Ada rasa tanggung jawab
  • Memiliki pertimbangan dalam menilai problem yang dihadapi secara intelegen
  • Adanya perasaan aman bila memiliki pendapat yang berbeda dengan orang lain
  • Adanya sikap kreatif sehingga menghasilkan ide yang berguna bagi orang lain.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemandirian pada remaja menurut Masrun, (1986:4) yaitu:
  • Usia
Pengaruh dari orang lain akan berkurang secara perlahan-lahan pada saat anak menginjak usia lebih tinggi. Pada usia remaja mereka lebih berorientasi internal, karena percaya bahwa peristiwa-peristiwa dalam hidupnya ditentukan oleh tindakannya sendiri. Anak-anak akan lebih tergantung pada orang tuanya, tetapi ketergantungan itu lambat laun akan berkurang sesuai dengan bertambahnya usia.
  • Jenis kelamin
Keinginan untuk berdiri sendiri dan mewujudkan dirinya sendiri merupakan kecenderungan yang ada pada setiap remaja. Perbedaan sifatsifat yang dimiliki oleh pria dan wanita disebabkan oleh perbedaan pribadi individu yang diberikan pada anak pria dan wanita. Dan perbedaan jasmani yang menyolok antara pria dan wanita secara psikis menyebabkan orang beranggapan bahwa perbedaan kemandirian antara pria dan wanita.
  • Konsep diri
Konsep diri yang positif mendukung adanya perasaan yang kompeten pada individu untuk menentukan langkah yang diambil. Bagaimana individu tersebut memandang dan menilai keseluruhan dirinya atau menentukan sejauh mana pribadi individualnya. Mereka yang mmandang dan menilai dirinya mampu, cenderung memiliki kemandirian dan sebaliknya mereka yang memandang dan menilai dirinya sendiri kurang atau cenderung menggantungkan dirinya pada orang lain.
  • Pendidikan
Semakin bertambahnya pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang, kemungkinan untuk mencoba sesuatu baru semakin besar, sehingga orang akan lebih kreatif dan memiliki kemampuan. Dengan belajar seseorang dapat mewujudkan dirinya sendiri sehingga orang memiliki keinginan sesuatu secara tepat tanpa tergantung dengan orang lain.
  • Keluarga
Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam melatarkan dasar-dasar kepribadian seorang anak, demikian pula dalam pembentukan kemandirian pada diri seseorang.
  • Interaksi sosial
Kemampuan remaja dalam berinteraksi dengan lingkungan social serta mampu melakukan penyesuaian diri dengan baik akan mendukung perilaku remaja yang bertanggung jawab, mempunyai perasaan aman dan mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dengan baik tidak mudah menyerah akan mendukung untuk berperilaku mandiri.


Peduli
Individualitas setiap orang di zaman modern ini semakin terasa. Kebanyakan orang menjalani rutinitas sehari-hari dengan pola pikir ‘every man for himself’. Semua orang berjuang masing-masing untuk mencapai tujuannya. Padahal sebenarnya seseorang yang peduli sesama dan penuh rasa simpati tak hanya lebih disukai oleh orang-orang di sekitarnya. Rasa simpati dan sikap sosial yang dimiliki seseorang ternyata juga bisa membuatnya hidup lebih lama. Ternyata penyebabnya adalah perasaan senang dan puas yang Anda rasakan saat membantu orang lain. Saat Anda menolong orang lain, rasa terima kasih yang diungkapkan oleh orang yang Anda bantu akan membuat Anda merasa senang dan dihargai.
Ada beberapa penelitian yang telah membuktikan hal ini. Salah satunya adalah penelitian yang telah diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology yang mengatakan bahwa seseorang yang secara sukarela merawat anggota keluarga atau kenalan yang sakit kritis secara rata-rata hidup 9 bulan lebih lama. Tapi ada pengecualian yang perlu diperhatikan, yaitu jenis penyakit dari orang yang dirawat. Kalau Anda merawat orang yang sakit parah seperti pikun atau jenis penyakit lain yang membuatnya tidak bisa mengungkapkan rasa terima kasihnya pada Anda, bisa jadi Anda justru merasa depresi.
Di Inggris, ada penelitian lain yang menunjukkan hasil serupa. Menurut penelitian yang dilakukan di University of Exeter Medical School, Inggris, kerja sosial diasosiasikan dengan tingkat depresi yang lebih rendah serta menurunnya resiko penyakit. Menurut para peneliti di University of Michigan, hal ini bisa jadi disebabkan oleh interaksi sosial yang membantu tubuh memproduksi hormon oxytocin, yaitu hormon yang tak hanya membuat Anda lebih peduli pada orang lain, tapi juga membantu Anda menghadapi stres dengan lebih baik.


Optimis
Sikap optimis sangatlah penting, optimisme membuat seseorang terus semangat dan energik, mengejar apa yang diinginkan dengan penuh ambisi, percaya diri dan bahagia. Akhirnya akan mampu fokus pada visi, dan membuat hari-hari menjadi bahagia. Berikut tips-tips untuk menjadi pribadi yang optimis:
  • Bersyukur
Mensyukuri apa yang telah dimiliki, menyadari anugerah di sekita kita, mampu merasakan apa yang dilihat dan mampu melihat apa yang dirasakan. Dengan bersyukur setiap hari dan akan merasa lebih optimis terhadap setiap situasi dalam kehidupan.
  • Jangan mencari kesenangan
Untuk menjadi pribadi yang optimis, jangan mencari kesenangan, karena dengan mencari kesenangan kita akan mudah pesimis. Yang perlu dilakukan adalah pengembangan diri, membangun pribadi yang lebih baik, atau meningkatkan kontribusi terhadap kemajuan peradaban umat manusia.
  • Fokus dengan langkah kecil
Mulai dari langkah kecil, mulai dari hari ini. Jika mendambakan hal besar, jalankan setiap bagiannya dengan demikian jiwa pesimis akan hilang.
  • Belajar menghadapi rasa takut dan khawatir
Cara menghadapi rasa takut dan khawatir dengan menerima semua tekanan hidup. Bergeraklah karena setiap gerakan itu ada gesekan, dan dengan gesekan itu akan terlatih.
  • Bersiaplah menghadapi keburukan, berharap memperoleh kebaikan
Dengan menerapkan konsep ini, makan harapan baik itu akan mengurangi kesempatan hal buruk terjadi.


Luwes
Perjalanan kehidupan tidak selalu seperti yang anda inginkan,Walaupun adan telah mengetahui dari mana anda harus memulai, sudah menetapkan rencana yang pasti, Belum tentu sesuai dengan apa yang anda harapkan. Dan walaupun anda bisa mengendalikan emosi sepenuhnya dan mempunyai semangat yang diperlukan dalam melakukan semua hal dalam meraih kesuksesan, Belum tentu juga mendapatkan hasil yang memuaskan.
Karena itulah,keluwesan dalam bertindak menjadi sangat penting,istilah keluwesan dalam bertindak mengandung arti bahwa anda harus bersikap luwes dalam setiap tindakan yang anda ambil. Misalkan, Anda hanya memiliki satu cara untuk mencapai hasil,apa yang akan anda lakukan jika cara itu ternyata tidak berhasil ?,oleh karena itu sikap luwes dalam bertindak sangat penting,dan apabila anda tidak menggunakan sikap luwes tersebut,anda akan mengalami kebuntuan.

Sikap luwes bisa juga di artikan juga dengan inisiatif,dimana seorang yang inisiatif dapat mencoba berbagai cara untuk memecahkan masalah. Namun seandainya setiap perubahan cara yang anda lakukan ternyata tidak berhasil, Anda harus tetap berlaku luwes dalam  bertindak,sampai anda mendapatkan apa yang anda inginkan,inilah kerja keras.

Share:

1 comment:

  1. "inilah kerja keras" setuju banget!
    mudah menyerah dalam berbagai hal tidak termasuk bekerja keras

    ReplyDelete

ChatBox

ABOUT AUTHOR

Seorang dosen yang mengabdikan diri pada masyarakat.

BTemplates.com

UPI
Powered by Blogger.

POPULAR POSTS