Sunday, December 18, 2016

Sekilas Tentang BMESA


Himpunan manajemen bisnis terbentuk pada bulan juli tahun 1999 dengan nama KBTN (Keluarga Besar Tata Niaga). Nama KBTN tidak berlangsung lama hanya bertahan selama 2 kali kepengurusan. Tidak lama dari itu, melalui Mumas KBTN berubah nama menjadi HIMA PROMABIS singkatan dari Himpunan Mahasiswa Manajemen Bisnis. Pada tanggal 5 Juli 2003, HIMA PROMABIS berubah nama lagi menjadi IM2B (Ikatan Mahasiswa Manajemen Bisnis), dan pada saat yang bersamaan pula Mumas diganti menjadi RAPUM (Rapat Umum). Setelah 2 tahun menggunakan nama IM2B, melalui Sidang Umum yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2015, IM2B resmi berganti nama menjadi BMESA (Business Management Education Student Association). Perubahan ini pun di dasarkan dengan keputusan Program Studi Pendidikan Manajemen Bisnis yang menggunakan nama BMe (Business Management Edupreneur).
PRESIDEN DIREKTUR
KEPENGURUSAN
Ani Suprihartini
2000 – 2001
Dani Ramdani
2001 – 2002
Firdy Lukman
2002 – 2003
Masharyono
2003 – 2004
Cheppy
2004 – 2005
Dicky Indrawan
2005 – 2006
Dede Karyana
2006 – 2007
Subkhan Fatkhuallah
2007 – 2008
Ridlwan Muttaqin
2008 – 2009
Mika Maulana
2009 – 2010
Nurman Hakim
2010 – 2011
Anshori Daulatul Islam
2011 – 2012
Luthfi Alfiansyah
2012– 2013
Hilmi Muttaqien
2013 - 2014
Danny Ramdan
2014 - 2015
Barkah Agus Salam
2015 - 2016
Erik Rifaldi Handaliyana
2016 – 2017



Lambang BMESA



LOGO BMESA


LAMBANG BMESA di atas merupakan lambang ketiga setelah lambang pertama yang digunakan sejak awal kepengurusan. Lambang tersebut mulai digunakan pada kepengurusan periode 2015-2016 di bawah pimpinan Barkah Agus Salam. Lambang BMESA mengalami perubahan dikarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah seperti kurangnya makna yang terkandung dalam lambang IM2B terdahulu. Lambang BMESA di atas mengandung kiasan-kiasan sebagai berikut :
  • Perisai : melambangkan kekuatan
  • Lima sudut perisai : menerangkan lima pilar BMESA
  • Garis putih besar vertikal : melambangkan hubungan dengan Tuhan  Yang Maha Esa
  • Logo BMe : melambangkan lembaga yang menaungi himpunan BMESA
  • Buku       : menggambarkan edukasi dan bisnis
  • Tiga rantai : melambangkan ikatan kekeluargaan antara himpunan, program studi, dan alumni
  • Garis putih melingkar : melambangkan hubungan pada sesama manusia


WARNA
  • Kuning emas : Keagungan, kebijaksanaan
  • Ungu : Kesejahteraan
  • Biru : Harmoni dan Dinamis
  • Putih : Kedamaian








Proker Rutin BMESA



Adapun beberapa program kerja yang rutin dilaksanakan oleh BMESA, diantaranya adalah :
  • PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru)
PMB  merupakan program kerja yang rutin di laksanakan pada awal tahun pembelajaran.
  • SG (Studium General)
SG merupakan program kerja sebagai kuliah umum perdana bagi mahasiswa baru/ angkatan termuda dan seluruh mahasiswa Pendidikan Manajemen Bisnis yang masih aktif, dimana pengisi acara dari program studi Pendidikan Manajemen Bisnis sekaligus perkenalan para dosen Pendidikan Manajemen Bisnis.
  • MABIM (Masa Bimbingan)
Mabim merupakan program kerja yang bertujuan membimbing mahasiswa baru untuk mengenal dunia kampus secara akademik dan kemahasiswaan. Dan Mabim merupakan proker pengkaderan yang pertama. Mabim terdiri dari tiga kegiatan yaitu mabim organisasi, mabim akademik dan mabim bisnis.
  • RM (Riung Mungpulung)
RM merupakan program kerja yang bertujuan untuk meng-kader mahasiswa baru Manajemen Bisnis. RM biasanya dilaksanakan di luar kampus. Program kerja ini merupakan PROKER rutin IM2B yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru kepada kakak tingkat dan alumni Pendidikan Manajemen Bisnis serta untuk mempererat rasa kekeluargaan di dalamnya.
  • LKM (Latihan Kepemimpinan Mahasiswa)
LKM merupakan PROKER pengkaderan ke-2 setelah MABIM. LKM bertujuan untuk membentuk mental yang kuat bagi mahasiswa baru dalam dunia organisasi dan dapat membentuk jiwa kepemimpinan. Dalam LKM mahasiswa baru dituntut untuk dapat memimpin.
  • PAB (Penerimaan Anggota Baru)
PAB adalah puncak dari proses pengkaderan IM2B. Dimana sasaran peserta dari PAB adalah mahasiswa baru yang telah mengikuti alur rangkaian kaderisasi sebelumnya yang diadakan. Hal ini untuk menyaring calon pengurus IM2B pada periode yang akan datang.
  • WISUDA
Dalam proker ini mahasiswa manajemen bisnis memberikan penghargaan kepada wisudawan / wisudawati yang telah menjadi alumni dari program studi manajemen bisnis.
  • PENGABDIAN PADA MASYARAKAT (P2M)
Dalam proker ini mahasiswa manajemen bisnis memberikan pengabdian ilmu yang dimiliki kepada seluruh masyarakat yang berada di desa-desa pelosok.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

ChatBox

ABOUT AUTHOR

Seorang dosen yang mengabdikan diri pada masyarakat.

BTemplates.com

UPI
Powered by Blogger.

POPULAR POSTS