Monday, December 26, 2016

Mahasiswa KKN Gelar Workshop Pedofilia

Cegah Pedofilia , Mahasiswa KKN UPI Gelar Workshop

Cimahi Utara-Pasirkaliki
Kasus Pedofilia yang akhir-akhir ini merebak, semakin mencapai tingkat darurat. Indonesia berdasarkandata termasuk pada posisi tinggi di Asia dalam jumlah kasus pedofilia. Kasus di Indonesia sendiri pertama kali terjadi di tahun 2001 ini terus meningkat sampai akhirnya terkuak dan mencapai puncaknya pada tahun 2014 ini. Sayangnya, dengan bertambahnya jumlah kasus mengenai pedofilia, tidak membuat pemahaman seluruhmasyarakat Indonesia bertambah pula, terutama masyarakat di daerah terpencil atau yang hidup di bawahgaris kesejahteraan.Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui informasi mengenai apa itu pedofilia dan caramencegahnya. Padahal hal ini sangatlah harus di ketahui oleh masyarakat terutama dalam hal ini, institusi pendidikan, orang tua dan si anak itu sendiri.Atas latar belakang itulah mahasiswa KKN Tematik dengan tema PAUD di kelurahan Pasirkaliki, CimahiUtara, melaksanakan salah satu program yang bertujuan untuk memahamkan mengenai pedofilia dandalam upaya mencegah kasus pedofilia agar tidak semakin meluas dengan membentuk kewaspadaan dini.Dengan tujuan utamanya antara lain:
  1. Menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya orang tua dantutor, akan pentingnya pemahaman mengenai pedofilia.
  2. Ditemukannya solusi dari permasalahan penanganan pedofilia, khususnya dikelurahan Pasirkaliki.
  3. Memberikan wadah representatif dalam pengembangan kinerja orang tua dan tutorPAUD dalam menangani kasus pedofilia.

Workshop Pedofilia ini mengangkat tema “Langkah Tepat Pencegahan dan Penanganan Pedofilia dalamrangka penguatan Ketahanan Keluarga” yang dilaksanakan Sabtu., 16 Agustus 2014 lalu di PAUD DarulFalah, Kelurahan Pasirkaliki. Terdiri atas pemaparan materi mengenai pedofilia yang di pandang dari 3sisi : institusi umum, agama/spiritual dan psikologi yang masing-masing di bawakan oleh DosenUniveristas Pendidikan Indonesia.Antusiasme warga pun cukup tinggi, khususnya tutor PAUD, orang tua dan pejabat kedaerahan terkait, ditambah dengan fakta bahwa baru saja terjadi kejadian yang sejenis di daerah tersebut.Acara workshop dimulai dengan sambutan dari Dinas pendidikan Kota Cimahi mengenai fakta kasus pedofilia, fakta pendidikan usia dini dan kinerja kota Cimahi dalam peningkat an pendidikan usia dini.Kemudian sekaligus membuka acara adalah perwakilan dari UPI, yaitu Dosen Pembimbing KKNTematik PAUD kelurahan Pasirkaliki, Dr. B. lena Nuryanti S.,M.Pd.

Sumber :
http://www.kompasiana.com/thetwentysixproject/cegah-pedofilia-mahasiswa-kkn-upi-gelar-workshop_54f94aa8a33311f4018b4ad7
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ChatBox

ABOUT AUTHOR

Seorang dosen yang mengabdikan diri pada masyarakat.

BTemplates.com

UPI
Powered by Blogger.

POPULAR POSTS